Proses Pembuatan Relief Gadjah Mada

PROSES PEMBUATAN RELIEF GADJAH MADA
Suatu karya seni ukir yang sangat Luar Biasa khas Indonesia. Relief khas Indonesia ini, baik yang memiliki langgam Kudus-Jepara ataupun Bali, sangatlah dibanggakan sebagai maha karya agung dari Indonesia yang di kagumi bangsa-bangsa lain. Dibutuhkan waktu lebih dari 4 bulan untuk dapat menyelesaikan maha karya ini. Dibutuhkan pula tingkat keahlian seni ukir yang sangat tinggi dari sang seniman, biasanya kemampuan seni ukir ini dimiliki secara turun temurun yang di tempa oleh pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Ironisnya ... keahlian seni ukir seperti ini sudah sangatlah langka dewasa ini.

Ukuran relief tanpa bingkai:
atas-bawah : 0,70 meter
kiri-kanan : 4 meter

Relief ini sangat unik dan cantik karena memiliki ukiran 3 dimensi di seluruh bagian depannya, ukirannya sangat rumit, membutuhkan keahlian yang tinggi disertai kesabaran, ketelitian & keuletan dari sang pembuatnya. Selain cantik, Relief ini juga sangatlah kokoh karena seluruh bagiannya terbuat dari sebuah Balok Kayu Jati Solid yang utuh.

Mengamati dan memperhatikan tahapan-tahapan proses pembuatan relief ini merupakan keasyikan tersendiri, bagaimana tidak...kita seolah disajikan atraksi keahlian yang sangat mengagumkan dari seorang seniman ukir secara Live di depan mata kita, bagaimana sebongkah kayu Jati bisa berangsur-angsur menjadi karya seni yang sangat indah.

Relief ini dimulai pembuatannya pada tanggal 18 Februari 2010 dan photo terakhir diambil pada tanggal 24 April 2010. Masih dibutuhkan kira-kira 2 bulan lagi untuk dapat menyelesaikan pembuatan relief ini.

Relief ini sendiri memiliki tema cerita kepahlawanan Gadjah Mada beserta pasukan Bhayangkara-nya dalam menyatukan nusantara. Digambarkan sang maha patih Gadjah Mada sedang mengacungkan Keris pusakanya di hadapan pasukan Bhayangkara, pasukan elit kebanggaan kerajaan Madjapahit kala itu. Pasukan Bhayangkara digambarkan sedang bersiap hendak berangkat berperang, lengkap dengan membawa tombak, perisai, pedang dan sebagian pasukan tampak menunggang kuda perang dan kereta perang.

TERTARIK ?
Keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi:
Dewi Syarah, Lebak Bulus 1 no. 7A Jakarta Selatan
Telp: 021.7699332, 92372251.
SMS: 0811.855394
email: surokusumo@yahoo.com

Tidak ada komentar: