Dijual: Gebyok Betawi Tua Langka!!

DIJUAL: GEBYOK BETAWI TUA LANGKA!!
Pernahkah anda melihat rumah tradisional Betawi?
Saat ini mungkin sudah sangat sulit untuk kita dapat melihat rumah asli Betawi secara langsung. Beberapa tahun yang lalu, kita masih dapat melihat contoh rumah asli Betawi melalui layar kaca, tepatnya di sinetron "si Doel anak sekolahan". Mungkin kita masih dapat melihat rumah tradisional Betawi di beberapa daerah di pinggir Jakarta tetapi sebagian besar sudah tidak menggunakan bahan kayu tetapi sudah terbuat dari beton (batu bata), artinya usia rumah itu terbilang baru.

Rumah Tradisional Betawi kuno terbuat dari kayu, lazimnya menggunakan kayu Nangka. Pada dasarnya ada tiga zoning di rumah tradisional Betawi. Kurang lebih mengikuti hukum arsitektur modern juga, kawasan publik (ruang tamu), kawasan privat (ruang tengah dan kamar) dan kawasan servis (dapur). Dalam bahasa Betawi, kawasan publik yang berupa ruang tanpa dinding ini kawasan amben, disusul ruang tengah yang didalamnya ada kamar yakni wilayah pangkeng. Paling belakang adalah dapur atau srondoyan. http://ms-my.facebook.com/note.php?note_id=97329721947

Ada satu rumah Tradisional Betawi yang kira-kira sudah berumur lebih dari 120 tahun di derah jurangmangu Jakarta Selatan, hal ini di kuatkan dengan informasi putera bungsu pemilik rumah yang masa kecilnya di habiskan di rumah ini. Sang putera bungsu ini saat ini berusia hampir 80 tahun (ada di foto). Rumah ini kondisinya sudah sangat parah karena sangat lama tidak dihuni dan sebagian besar kayu dinding2 rumah ini sudah tidak ada karena di ambil masyarakat sekitarnya, tinggal menyisakan dinding rumah bagian depan lengkap dengan pintu masuk dan sepasang jendelanya. Kondisi bagian depan rumah ini ternyata masih sangat bagus.

DIJUAL: Gebyok Betawi
1 unit Gebyok dari dinding bagian depan rumah Tradisional Betawi Kuno. Gebyok ini terbuat dari Kayu Nangka Solid.

Ukuran Gebyok:
atas-bawah : 3 meter
kiri-kanan : 6,60 meter

Gebyok ini berukuran besar, memiliki tinggi yang juga cukup dan memiliki ukiran dengan detil yang indah khas Betawi sehingga dapat difungsikan sebagai pintu masuk rumah ataupun sebagai penghias ruangan pada rumah-rumah masa kini.

Keistimewaan gebyok Betawi adalah karena berasal dari Rumah Tradisional Betawi kuno yang berusia sangat tua dan sangat Langka. Kondisinya yang masih prima dengan kayu Nangka yang besar2 sebagai penguatnya.

Harga Rp. 55.000.000.
Pengiriman dalam Wilayah DKI Jakarta ... GRATISSSSS.

Dewi Syarah
Email:
 surokusumo@yahoo.com
0811.855394

Tidak ada komentar: